BUY 250K FOR FREE SHIPPING
0 Cart
Added to Cart
    You have items in your cart
    You have 1 item in your cart
    Total
    Check Out Continue Shopping

    Aku Cinta Batik

    Aku Cinta Batik

     

    Semua orang di Indonesia rasanya sudah sangat hafal dengan batik. Sejak 2 Oktober 2009, batik Indonesia ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. We cannot deny, batik banyak sekali macam motif dan bentuknya. Indonesia yang kaya akan budaya dan warisan, terkadang membuat kita lupa how precious our batik is. Bahkan tanggal 2 oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. We should proud!

    Besides that story, batik juga punya cerita lain yang juga menarik! Here are some facts and stories tentang batik yang perlu kita tau.

    THE HISTORY OF ITS NAME
    Nama batik berasal dari dua kata bahasa jawa, yaitu ‘amba’ yang berarti ‘menulis’ dan ‘nitik’ yang berarti titik. Jadi bisa dibilang batik berarti menulis titik-titik indah di atas kain! So meaningful.

    THE PROCESS ALL BEGINS WITH ‘N’
    Berangkat dari bahasa Jawa, 10 dari 11 proses pembuatan batik semuanya dimulai dengan huruf ‘N’! Dimulai dari nyungging (membuat pola motif batik di kertas), njaplak (memindahkan pola dari kertas ke kain), nglowong (menempelkan malam di kain dengan canting sesuai garis pola), ngiseni (memberi motif isian atau isen-isen pada motif yang sudah ditempelin dengan malam), nyolet (mewarnai motif bunga atau burung dengan kuas), mopok (menutup bagian yang dicolet dengan malam), ngelir (proses pewarnaan kain secara menyeluruh), nglorod (proses pembilasan), ngrentesi(memberi titik menggunakan canting berjarum tipis), nyumri (menutup bagian tertentu dengan malam), dan nyoja (menyelupkan kain dengan warna coklat atau sogan).


    SPECIALLY MADE BY WOMEN
    Meskipun kata batik berasal dari bahasa Jawa, tapi nggak ada yang tau tepatnya kapan batik ada di tanah Jawa. Walaupun begitu, batik dipercaya udah ada dari ratusan tahun yang lalu dan dianggap sebagai karya bernilai seni tinggi. Menurut kabar, ngebatik merupakan pekerjaan eksklusif perempuan dan dijadiin sebagai mata pencaharian sama perempuan-perempuan Jawa di masa lampau. Laki-laki baru akhirnya bisa ‘masuk’ ke dunia batik pas udah ditemuin batik cap.

    Kecintaan akan batik serta juga kain lurik lah yang membuat Encyclo terinspirasi untuk membuat koleksi spesial yang didedikasikan untuk menjaga warisan budaya Indonesia dan memberikan alternatif lain untuk mengenakan kain tradisional bagi para pecintanya. #iamPROUD #ExoticaCultura
    sumber foto: google

    x

    Loyalty Points Zoya Online

    Belanja, Dapatkan Poin, Tukarkan Setiap Akhir Bulan, atau Grand Prize Akhir Tahun

    Earning and redeeming Koin

    Rp 1
    Earns you
    0
    Rp 1
    Redeems to
    1

    Ways you can earn

    • Product Purchase

    Info lanjut tentang program ini